Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pentol Bakar Daging Ayam

Cara Membuat Pentol Bakar Daging Ayam

Cara Membuat Pentol Bakar Daging Ayam

Cara Membuat Pentol Bakar Daging Ayam
- Hay, bertemu lagi dengan resep saya yang tidak kalah praktis dan lezatnya dengan yang lain. Bagi anda yang telah mengunjingi resep saya, saya ucapkan terimakasih karna anda telah mengamalkan ilmu yang saya disini melalui resep-resep ini. Jangan bosan-bosan untuk mengunjungi resep disini yah. Nah kali ini yang akan kita bahas adalah Cara Membuat Pentol Bakar Daging Ayam, untuk pentol bakar daging ayam ini dijamin aman loh untuk kalian semua, amannya darimana? Ini nih bahan yang digunakan menggunakan bahan yang terpilih, terus untuk kelezatannya tidak memakai bahan kimia, kekenyalannya pun juga tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang tidak layak dikonsumsi. Pastinya anda tau sendiri mana makanan yang masih layak konsumsi dan sudah tidak layak konsumsi. Berbicara tentang pentol, makanan satu ini tidak  lepas dari keluarga khususnya anak-anak, jangan khawatir dijamin aman dan mengeluarkan biaya mahal salah satunya. Untuk resep pentol kali ini berbeda dengan resep pentol yang lain, terlihat dari bahan dan cara pemrosesannya. Apakah anda suka dengan pentol bakar? Bila suka, anda dapat mengunjungi resep ini, atau anda bisa kunjungi pula resep-resep seperti Resep Cilok Mie, Resep Cilok Daging Ayam, Resep Cimol, dan lain sebagainya. Anda penasaran? Simak artikel dibawah ini

Bahan Cara Membuat Pentol Bakar Daging Ayam :

  • 500 gram daging yama yang dipisahkan dari tulangnya kemudian haluskan dagingnya
  • 50 gram terigu protein sedang
  • 50 gram tepung kanji merk apapun
  • 2 butir telur ayam, baik ayam kampung atau ayam potong untuk bahan pengental
  • Penyedap rasa bila perlu

Bahan adonan biang :
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 2 sendok makan minyak gorenng yang masih belum terpakai
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • ½ sendok teh garam dapur
  • ½ sendok makan gula pasir
  • 8 siung bawang putih yang sudah dikupas kulitnya
  • Siapkan 1 liter air untuk rebusan

Bahan untuk bumbu :
  • 50 gram kacang sambal
  • Kecap kental manis
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Cabe rawit merah sesuai selera ada

Langkah Cara Membuat Pentol Bakar Daging Ayam :
  1. Siapkan wadahtempat pemrosesan bahan, pertama haluskan adonan biang menjadi satu, kecuali minyak, lalu masak diatas api kecil sambil diauk-aduk hingga mengental. Bila sudah mengental, matikan kompor serta jangan lupa tuangkan minyak goreng dan biarkan dingin.
  2. Siapkan wadah pula untuk daging ayam, masukkan adonan biang ke dalam campuran daging ayam yang sudah dihaluskan, tambahkan telur yang sudah dikocok serta tambahkan pula tepung terigu dan kanji masing-masing 50 gram. Aduk hingga rata semua bahan tersebut, cicipi rasanya apakah sudah sesuai dengan selera anda.
  3. Sambil menunggu, rebuslah 1 liter air diatas api kecil jangan sampai mendidih, bentuklah adonan pentol berbentuk bulat-bulat dengan cara masukan adonan pentol pada tangan kiri, kepalkan tangan hingga adonan bakso keluar di antara jari jempol dan telunjuk, lepaskan dengan bantuan sendok. Bentuk keseluruhan adonan hingga adonan habis.
  4. Ingat, adonan yang sudah terbentuk langsung dimasukkan pada rebusan air. Setelah keseluruhan terbentuk dan sudah berada di rebusan air, besarkan apinya menjadi api berukuran sedang, tunggu hingga adonan bulat-bulat tadi sampai matang.
  5. Tunggu hingga matang dan mengembang, pertanda apabila sudah matang, adonan itu mengapung dan terlihat keatas air.
  6. Apabila sudah matang, tiriskan dan dinginkan.
  7. Masukkan pentol yang sudah matang ke tusuk sate, untuk 1 buah tusuk sate anda dapat memasukkan 4-5 buah pentol, sesuai panjang dari tusuk sate.
  8. Panggang diatas api kecil dengan sebelumnya, pentol yang sudah ditusuk tadi sudah dilaburi dengan sedikit kecap manis.
  9. Nah pentol bakar siap disajikan dengan bumbu kacang 

Cara membuat bumbu kacang :
  1. Haluskan seluruh bahan bumbu tersebut
  2. untuk cara yang lebih cepat, anda dapat menghaluskannya dengan blender dengan cara, masukkan keseluruhan bahan bumbu kecuali kecap manis,lalu tuangkan dalam wadah dan tambahkan kecap manis scukupnya. Aduk hinga merata

nah kini sudah anda lihat dan simak sendiri. mudah bukan Cara Membuat Pentol Bakar Daging Ayam ini. Mau tau resep-resep yang tidak kalah lezat juga? Kunjungi artikel dibawah ini, sampeyan tinggal mengkliknya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pentol Bakar Daging Ayam"