Cara membuat Bakso Ikan Bandeng

Sabtu, 26 Desember 2015

Cara membuat Bakso Ikan Bandeng

Cara membuat Bakso Ikan Bandeng 
Cara membuat Bakso Ikan Bandeng

Cara membuat Bakso Ikan Bandeng - Bakso. Iya mungkin anda sudah sering sekali mendengar makanan yang namanya bakso. Bakso yang terbiasa dibuat berbahan dsar daging, namun untuk resep seperti ini saya menggunakan bahan yang lebih hemat dan memiliki protein tinggi yakni bakso dari ikan bandeng. Bandeng sangat dikenal ikan laut yang memiliki kadar protein dan vitamin yang cuup tinggi. Selain digunakan untuk bakso terkadang bandeng diolah menjadi makanan olahan seperti sarden ataupun vitamin penambah berat badan untuk anak. Bila anda kurang menyukai sarden, anda juga bisa mengolah bandeng ini dengan mengubahnya menjadi bakso ikan bandeng. Hmm terdengar dari namanya saja pasti anda penasaran bagaimana bisa ikan bandeng ini diolah menjadi bakso. Pasti bisa bila anda mengolahnya dengan diawali ucapan bismillahirrohmanirrohiim, mengapa demikian, karena dengan mengucap kalimat tersebut maka anda akan terhindar dari godaan nafsu setan, nah resep yang saya posting ini akan saya bagikan kepda anda. Bakso ikan bandeng ini juga sangat cocok bagi anda yang sangat menyukai ikan bandeng. Kan bosan jadinya bila makanan kesukaan anda diolah menjadi itu-itu aja, dari perpaduan makanan kesukaan, bandeng diolah menjadi bakso. mungkin banyak sekali yang menggemarinya. Selain itu bakso ikan bandeng ini aman dikonsumsi oleh siapapun, langsung saja berikut bahan dan langkah yang harus anda persiapkan.

Bahan Cara membuat Bakso Ikan Bandeng :
  • 1 kilogram tepung tapioca yang baik 
  • 1 kilogram ikan bandeng.  
Jika menggunakan bahan baku dari ikan segar, perlu dilakukan pemisahan daging dari tulang-tulang dan durinya dengan cara menyayat memanjang pada bagian punggung hingga terbelah. 
  • ½ sendok makan merica bubuk 
  • 4 siung bawang putih yang sudah dikupas, 
bawang putih ini bermanfaat untuk menciptakan kesedapan rasa alami rempah-rempah, namun juga jangan terlalu banyak menggunakan bawang. 
  • 2-3 sendok teh garam dapur, bila perlu sebaiknya anda pilih garam dapur yang beryodium
  • MSG atau penyedap rasa bila anda perlu. 
Namun jangan terlalu banyak karena penyedap rasa kurang baik bila anda mengkonsumsinya terlalu banyak. Hal tersebut dapat memperlambat kerja sel diotak. 

Bahan Pelengkap bakso Ikan Bandeng Kuah bakso
cara pembuatannya : lebih baik anda siapkan tulang engsel sapi hal ini digunakan untuk menambah cita rasa kesedapan bakso alaminya, kemudian masukkan tulang tersebut untuk direbus dalam air hingga mendidih, tambahkan bawang goreng, daun bawang, 1 sendok makan garam, ½ sendok makan gula, dan penyedap rasa pilih merk masako bila anda memerlukan. 

Langkah cara membuat Cara membuat Bakso Ikan Bandeng :
  1. Terlebih dahulu, ambillah dan pisahkan bagian dagingnya dengan dikerok menggunakan sendok. Ambillah hingga bersih dan bebas dari kulit dan tulangnya. 
  2. Bersihkan bagian daging tersebut hingga bersih dan terpisah dari kulit ataupun tulangnya. Hal ini betujuan agar hasil bakso nanti lebih halus dan memiliki tekstur yang lembut. 
  3. Siapkan larutan garam dengan air, es batu, serta daging ikan tersebut, dengan ukuran garam 1 sendok teh. 
  4. Rendam hancuran daging ikan dalam larutan tersebut selama 15 menit sambil diaduk-aduk, bila semakin lama anda merendamnya, maka semakin meresap rasa dalam kesedapan dagingnya. 
  5. Bila sudah, lakukan pemerasan sebaiknyaanda gunakan kain yang tidak terlalu reggang. Lakukan proses perendaman tersebut sampai 3 kali berturut-turut. 
  6. Haluskan bumbu diatas serta uleni dalam lumatan daging tersebut. Anda dapat melakukan cara lumatan dengan menumbuk dagingnya atau dengan alat penggiling. Berikan sedikit demi sedikit tepung tapioca. 
  7. Aduk adonan sampai tercampur rata dan tidak lengket di tangan. Anda bisa tambahkan 1 butir putih telur untuk memperbaiki elastisitas. 
  8.  Lakukan pencetakan yaitu dengan membuat bola-bola kecil dengan cara adonan diletakkan pada telapak tangan, dikepal-kepal, kemudian ditekan sehingga akan keluar bola-bola bakso dari sela-sela jari dan telunjuk. Bola-bola bakso yang keluar dari kepalan itu diangkat dengan sendok dan sedikit diratakan 
  9.  Rebus dalam air menggunakan api sedang, lakukan hingga semua adonan tercetak. 
  10. Untuk mengetahui bakso sudah matang atau belum, tunggu hingga bakso mengapung dalam air rebusan. 
  11.  Angkat bakso yang telah matang dan masukkan ke dalam air dingin (air es ) + 15 menit Angkat dan tiriskan, anda dapat menambahkan kuah dalam bakso tersebut. 
Cara membuat Bakso Ikan Bandeng Nah resep bakso bandeng sudah tertera diatas, akan lebih nikmatnya anda dapat menambah kelengkapan ini bersama resep es kopyor atau resep es cream wortel. Atau bila ingin belajar banyak bakso yang lain anda dapat mengunjungi resep bakso sapi, resep bakso urat sapi dan resep bakso ayam
Share :
Facebook Twitter Google+

 
Cara Membuat Donat